Binkam

Sosialisasi TPPO, Ps. Kanit Reskrim Polsek Suralaga: Jangan Sampai Masyarakat Kita Menjadi Korban

×

Sosialisasi TPPO, Ps. Kanit Reskrim Polsek Suralaga: Jangan Sampai Masyarakat Kita Menjadi Korban

Share this article

Lombok Timur – Bertempat di kantor Desa Dasan Borok, Ps. Kanit Reskrim Polsek Suralaga, Aipda Muhammad Bustanul Marjan, dan Bhabinkamtibmas Desa Dasan Borok, Aipda Sutrisno, melakukan kegiatan sosialisasi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Rabu (4/10/23). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Dasan Borok Kecamatan Suralaga tentang hal tersebut.

Dalam kegiatan ini, Ps. Kanit Reskrim dan Bhabinkamtibmas memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan generasi muda. Mereka ditekankan untuk berhati-hati jika mendapat tawaran bekerja di luar negeri dari pihak tekong atau sponsor yang menawarkan iming-iming uang saku, proses cepat, dan keberangkatan langsung tanpa kelengkapan dokumen. Hal ini dikarenakan modus pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Selain itu, masyarakat dan generasi muda juga diberikan saran agar selalu bijak dalam memilih sponsor, serta tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat dan Dinas Tenaga Kerja setempat untuk memastikan pekerjaan yang ditawarkan di negara tujuan benar-benar tersedia dan melalui sponsor atau perusahaan penyalur yang resmi. Langkah ini bertujuan agar masyarakat dan generasi muda tidak menjadi korban TPPO dan terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi.

“Jangan sampai kita sendiri dan masyarakat kita di sini yang menjadi korban TPPO ini, harus tetap waspada, apabila berniat menjadi TKI setiap pergerakan konsultasi kepada Pemerintah Desa atau Dinas Tenaga Kerja agar kita dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas Kanit Reskrim.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat Desa Dasan Borok tentang bahaya TPPO dan membantu mereka dalam mengambil keputusan yang lebih aman terkait pekerjaan di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *