Binkam

Polres Lombok Barat Perangi Hoaks, Ujaran Kebencian, dan Tindak Pidana Pemilu

×

Polres Lombok Barat Perangi Hoaks, Ujaran Kebencian, dan Tindak Pidana Pemilu

Share this article
Polres Lombok Barat Gelar Patroli Siber dan Penyidikan Tindak Pidana Pemilu. Image by Freepik
Polres Lombok Barat Gelar Patroli Siber dan Penyidikan Tindak Pidana Pemilu. Image by Freepik

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok BaratPolda NTB, menggelar patroli siber dan penyidikan tindak pidana Pemilu, Kamis (2/11/2023).

Kasat Reskrim, Polres Lombok BaratPolda NTB, AKP I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K., menjelasakan tujuan kegiatan ini. Tujuannya adalah untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang, pada saat, dan pasca Pemilu 2024.

Patroli Siber Subsubsatgas Siber Satgas Gakkum Polres Lombok Barat melaksanakan patroli siber di media sosial dan media online guna melihat isu yang berkembang terkait Pemilu 2024.

“Patroli ini dilakukan untuk mencegah dan menindak penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian, dan tindak pidana siber lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024,” ungkapnya.

Selain itu, Subsubsatgas Siber juga melakukan profiling terhadap pelaku/potensi pelaku peretas sistem IT dan kejahatan cyber terkait pelaksanaan Pemilu 2024.

Profiling ini dilakukan untuk mengetahui modus operandi dan jaringan pelaku kejahatan siber, sehingga dapat dilakukan pencegahan dan penindakan yang lebih efektif.

Penyidikan Tindak Pidana Pemilu Subsubsatgas Pidum Satgas Gakkum Polres Lombok Barat juga melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana Pemilu yang terjadi di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

Tindak pidana Pemilu yang dimaksud adalah tindak pidana yang terjadi sebagai akibat penyelenggaraan Pemilu, seperti tindak pidana pemilu, tindak pidana umum yang terjadi saat dilaksanakan Pemilu, dan tindak pidana lain yang terkait dengan Pemilu.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Satgas Gakkum Polres Lombok Barat bersinergi dengan stakeholder lain. Seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Masyarakat berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *