Binkam

Patroli, Kawal, Gatur: Satgas Kamseltibcarlantas Lombok Barat Beraksi Demi Pemilu Aman

×

Patroli, Kawal, Gatur: Satgas Kamseltibcarlantas Lombok Barat Beraksi Demi Pemilu Aman

Share this article
Satgas Kamseltibcarlantas Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu Serentak 2024

Lombok Barat, NTB – Satuan Tugas (Satgas) Kamseltibcarlantas Polres Lombok BaratPolda NTB, siap mengamankan pemilu serentak 2024, Jumat (2/2/2023).

Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Lombok Barat, Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.k., dalam keterangan persnya hari ini.

Iptu Adi Rijal menjelaskan bahwa Satgas Kamseltibcarlantas terdiri dari tiga sub satgas, yaitu SubSatgas Gatur, SubSatgas Kawal, dan SubSatgas Patroli.

Sub Satgas Gatur

Masing-masing sub satgas memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Namun saling bersinergi untuk menciptakan keamanan dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

“SubSatgas Gatur bertugas untuk melaksanakan pengaturan lalu lintas di setiap titik rawan kemacetan, baik di pagi, siang, maupun sore hari. SubSatgas Gatur juga memberikan himbauan dan teguran kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, seperti tidak menggunakan helm, spion, atau lampu sein,” ujar Iptu Adi Rijal.

Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat mengganggu jalannya pemilu.

Sub Satgas Kawal

Sementara itu, Sub Satgas Kawal bertugas untuk melaksanakan pengawalan logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik untuk capres/cawapres maupun calon legislatif Lombok Barat.

SubSatgas Kawal juga mengawal pergerakan para kandidat dan tim suksesnya, serta mengantisipasi adanya gangguan keamanan yang dapat merusak suasana demokrasi.

“SubSatgas Kawal bekerja sama dengan pihak KPU, Bawaslu, dan TNI. Untuk memastikan bahwa logistik pemilu, seperti surat suara, kotak suara, dan segel, sampai ke tempat tujuan dengan aman dan tepat waktu,” kata Iptu Adi Rijal.

Sub Satgas Patroli

Terakhir, Sub Satgas Patroli bertugas untuk melaksanakan patroli rutin di setiap jalan, kantor KPU, maupun kantor Bawaslu Lombok Barat.

SubSatgas Patroli juga memantau situasi arus lalu lintas dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“SubSatgas Patroli bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban berlalu lintas dan memberantas pelaku kejahatan jalanan, seperti pencurian, perampokan, atau begal. Juga siap membantu masyarakat yang mengalami kendala di jalan, seperti ban bocor, mogok, atau kecelakaan,” katanya.

Juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani masalah yang terjadi di kantor KPU atau Bawaslu.

Komitmen Polres Lombok Barat Jaga Kamseltibcar

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pemilu dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bertanggung jawab.

“Kami berharap bahwa pemilu serentak 2024 dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan damai, tanpa ada gangguan dari pihak manapun. Kami juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dan kamseltibcar di wilayah Lombok Barat,” harapnya.

Dengan mengikuti aturan lalu lintas, tidak terprovokasi oleh isu-isu negatif, dan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *