Binkam

Pantai Cemare Aman, Polair Polres Lombok Barat Patroli dan Berikan Edukasi

×

Pantai Cemare Aman, Polair Polres Lombok Barat Patroli dan Berikan Edukasi

Share this article
Operasi Mantap Brata Rinjani, Subsatgas Polair Polres Lombok Barat Patroli dan Sosialisasi di Pantai

Lombok Barat, NTB – Subsatgas Polair Polres Lombok Barat melaksanakan kegiatan patroli jalan kaki dan pengamanan wisata pantai Cemare, Minggu (27/1/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024. Bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

Kasat Polairud Polres Lombok BaratPolda NTB, Iptu L. Nursidi, mengatakan bahwa patroli ini melakukannya di sekitar pesisir pantai Cemare, dusun Cemare, desa Lembar Selatan, kecamatan Lembar, kabupaten Lombok Barat.

“Kami melakukan patroli untuk mengantisipasi tindak kejahatan jalanan (3C), yaitu curascurat, dan curanmor. Serta tindak pidana perairan lainnya, seperti pencurian ikan, penyelundupan, atau pencemaran laut,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kasat Polairud, patroli ini juga dimaksudkan untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada para pengguna jasa pantai Cemare dan masyarakat setempat.

“Kami mengimbau kepada mereka untuk tetap menjaga keamanan dan kebersihan di sekitar areal pantai,” imbaunya.

Serta mengingatkan untuk berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas di sekitar pantai, seperti mandi, berenang, atau perjalanan laut.

“Juga mengingatkan mereka untuk selalu mengutamakan keselamatan (safety first). Guna menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti laka kerja atau laka laut,” tuturnya.

Kasat Polairud menambahkan bahwa kegiatan patroli ini melanjutkannya dengan kegiatan polmas air. Memberikan sosialisasi dan edukasi tentang keselamatan perjalanan laut kepada para pengguna jasa obyek wisata pantai Cemare dan masyarakat setempat.

“Kami memberikan edukasi mengenai tahapan pemilu dan himbauan kamtibmas untuk tidak mudah percaya terhadap isu, hate speechberita bohong atau hoax. Tentunya hal ini bisa memecah belah persatuan NKRI,” imbuhnya.

Serta mengajak mereka untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang pemilu serentak tahun 2023-2024.

Sementara itu, salah satu pengunjung pantai Cemare, Rini, mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan patroli dan sosialisasi ini.

“Saya merasa lebih aman dan nyaman di pantai ini, karena ada pak polisi yang patroli dan mengawasi. Sehingga pantai Cemare tetap menjadi tempat wisata yang asyik dan aman,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *