Binkam

Kapolres Loteng Dampingi Kapolda NTB Penanaman Pohon Mangrove di KEK Mandalika.

×

Kapolres Loteng Dampingi Kapolda NTB Penanaman Pohon Mangrove di KEK Mandalika.

Share this article

Lombok Tengah (NTB) – Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat, SIK mendampingi Kapolda NTB IRJEN POL Drs. Raden Umar Faroq,SH, M.Hum. melaksanakan penanaman pohon mangrove di Kawasan Ekonomi Kreatif Mandalika Pantai Gerupuk.

Penanaman pohon mangrove ini merupakan bentuk kerja sama antara Universitas Mataram dengan Polda NTB dalam rangka memperingati Dies Natalis ke – 57 Fakultas Pertanian Unram Mataram. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Rektor Universitas Mataram Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M. Agr. St., Ph. D dan didampingi para wakil rektor serta para mahasiswa.

“Ini merupakan pengabdian masyarakat khususnya mahasiswa Universitas Mataram yang melaksanakan penanaman 2000 bibit pohon mangrove dalam rangka Dies Natalis ke – 57 fakultas Pertanian Universitas Mataram,” ujar IRJEN POL Drs. Raden Umar Faroq,SH, M.Hum selepas penanaman mangrove, Sabtu.

Kegiatan tersebut, menurut dia, ini merupakan suatau kegiatan yang positif dan bisa juga untuk agro wisata selain itu juga sebagai langkah pencegahan abrasi di kawasan pantai Gerupuk Kecamatan Pujut.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat baik bagi mahasiswa dan merupakan rangkaian KKN fakultas Pertanian Universitas Mataram, ini juga merupakan bentuk kerjasama antara Universitas Mataram dengan Polda NTB,” terangnya.

Ditempat terpisah Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat, SIK melalui Kasi Humas AKP Hariono mengatakan penanaman pohon mangrove ini merupakan bentuk kerjasama dan kepedulian lingkungan Universitas Mataram dengan Polda NTB.

“Pohon mangrove memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir, melindungi pantai dari erosi dan abrasi serta menyediakan habitat penting bagi berbagai jenis flora dan fauna laut,”ujar Hariono.

Kemudian, sambungnya, penanaman tersebut tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek dalam pelestarian lingkungan hidup, tetapi juga memberikan pesan penting dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Semoga kegiatan penanaman pohon mangrove ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ikut berperan dalam menjaga kelestarian pesisir pantai,”tutup Hariono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *