Binkam

Polres Lombok Barat Jaga Kamtibmas di Kantor KPU, Bawaslu, dan DPRD

×

Polres Lombok Barat Jaga Kamtibmas di Kantor KPU, Bawaslu, dan DPRD

Share this article
Satgas Preventif Polres Lombok Barat Amankan Objek-Objek Penting Pemilu

Lombok Barat, NTB – Satuan Samapta (Sat SabharaPolres Lombok BaratPolda Nusa Tenggara Barat (NTB), yang bertindak sebagai Satuan Tugas (Satgas) Preventif, melaksanakan kegiatan pengamanan objek-objek penting pemilu, pada hari Selasa (16/1/2024).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023-2024, yang bertujuan untuk mengamankan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2024 di Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Satuan Samapta Polres Lombok Barat, AKP Sony Hartono, mengatakan bahwa kegiatan pengamanan ini meliputi beberapa lokasi, yaitu Kantor KPU Lombok Barat, Gudang KPU Lombok Barat, Kantor Bawaslu Lombok Barat, dan Kantor DPRD Lombok Barat.

Di setiap lokasi, anggota Satgas Preventif melakukan penjagaan, patroli, koordinasi, dan himbauan, guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama proses pemilu.

“Kami melakukan pengamanan di objek-objek penting pemilu, yang berkaitan dengan penyelenggaraan, pengawasan, dan perwakilan rakyat. Kami berkoordinasi dengan staf KPU, Bawaslu, dan DPRD, serta menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Kami juga melakukan sterilisasi menggunakan satwa K9 di Kantor Bawaslu Lombok Barat, untuk mengantisipasi adanya benda atau barang yang berbahaya yang dapat mengganggu jalannya pemilu,” ujar AKP Sony Hartono.

Ia menambahkan bahwa Satgas Preventif Polres Lombok Barat terdiri dari beberapa Subsatgas, yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai dengan bidangnya.

“Subsatgas Pam Kantor Penyelenggara Pemilu bertugas untuk mengamankan Kantor KPU dan Bawaslu Lombok Barat. Subsatgas Pam Objek Penting Pemilu bertugas untuk mengamankan Gudang KPU, Kantor DPRD, dan tempat-tempat lain yang berhubungan dengan pemilu. Subsatgas Sterilisasi bertugas untuk melakukan pemeriksaan dan pencegahan terhadap ancaman bom atau benda berbahaya lainnya,” jelas AKP Sony Hartono.

AKP Sony Hartono berharap bahwa dengan adanya pengamanan dari Satgas Preventif Polres Lombok Baratpemilu serentak 2024 di Kabupaten Lombok Barat dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.

“Kami siap mendukung dan menjaga Kamtibmas selama tahapan pemilu. Kami mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu serentak 2024 dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan berdaulat,” tutur AKP Sony Hartono.

Pemilu serentak 2024 akan digelar pada tanggal 27 Juni 2024. Pemilu ini akan memilih anggota DPR, DPRD, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, serta Gubernur, Bupati, dan Walikota di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *