Binkam

Polsek Lembar Upayakan Pencegahan TPPO Melalui Sosialisasi

×

Polsek Lembar Upayakan Pencegahan TPPO Melalui Sosialisasi

Share this article
Polsek Lembar Sosialisasi TPPO di Dusun Karang Anyar Lombok Barat, NTB

Lombok Barat, NTB – Polsek Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar sosialisasi tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Dusun Karang Anyar, Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 07 Desember 2023 pukul 10.30 WITA tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang warga setempat.

Dalam sosialisasi tersebut, Kapolsek Lembar, Ipda Joko Rudiantoro, S.H., M.H., menyampaikan tentang pengertian, modus operandi, dan sanksi hukum atas tindak pidana TPPO.

“TPPO adalah tindakan memaksa, mengeksploitasi, dan memperdagangkan orang dengan tujuan mengambil keuntungan atau manfaat dari orang tersebut,” kata Ipda Joko.

Ipda Joko juga menyampaikan beberapa modus operandi TPPO yang sering terjadi, antara lain: Menjanjikan pekerjaan dengan gaji tinggi dan fasilitas yang menggiurkan, tetapi ternyata tidak sesuai kenyataan. Mengajukan biaya yang tidak wajar untuk proses pemberangkatan kerja. Memberikan informasi yang tidak benar tentang proses pemberangkatan kerja. “Masyarakat harus waspada terhadap modus operandi TPPO tersebut,” kata Ipda Joko.

Selain itu, Ipda Joko juga menyampaikan bahwa untuk bekerja ke luar negeri secara resmi, masyarakat harus melalui jalur pemerintah dengan mekanisme yang diberikan oleh pemerintah melalui Lembaga Tanggap Sosial dan Budaya dan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

“Masyarakat yang merasa ada keluarganya menjadi korban TPPO dapat melaporkan melalui hotline Satgas TPPO Polda NTB,” kata Ipda Joko.

Kegiatan sosialisasi TPPO tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya TPPO dan mekanisme yang sah untuk bekerja ke luar negeri.

Sehingga masyarakat dapat terhindar dari menjadi korban TPPO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *