Binkam

Subsatgas Polair Polres Lombok Barat Patroli dan Sosialisasi di Perairan dan Pesisir

×

Subsatgas Polair Polres Lombok Barat Patroli dan Sosialisasi di Perairan dan Pesisir

Share this article

Lombok Barat, NTB – Subsatgas Polair (Polisi Air dan Udara) Polres Lombok Barat, Polda Nusa Tenggara Barat, yang dipimpin oleh Kasat Polairud Iptu L. Nursidi, melaksanakan berbagai kegiatan patroli dan sosialisasi dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan dan pesisir Lombok Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024, yang bertujuan untuk mengamankan rangkaian kegiatan pemilu yang akan berlangsung pada tahun 2024. Operasi ini melibatkan personel dari berbagai satuan kerja di Polres Lombok Barat, termasuk Subsatgas Polair.

Pada hari Selasa, 21 November 2023, Subsatgas Polair melaksanakan dua kegiatan utama, yaitu:

  1. Patroli PesisirSubsatgas Polair melaksanakan kegiatan patroli jalan kaki di sekitar pantai Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat. Patroli ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak pidana perairan, seperti pencurian, perompakan, atau penyelundupan, serta memberikan himbauan kamtibmas kepada para pengunjung pantai dan masyarakat setempat.Himbauan kamtibmas yang disampaikan antara lain adalah untuk tetap menjaga keamanan dan kebersihan di sekitar pantai Senggigi, tetap berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan di sekitar pelabuhan dan dalam melaksanakan aktivitas di sekitar pantai, seperti berenang, mandi, atau berperahu, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti laka kerja atau laka laut.
  2. Patroli PelabuhanSubsatgas Polair melaksanakan kegiatan patroli pelabuhan dan memberikan himbauan kepolisian kepada para pengguna jasa pelabuhan, seperti penumpang fastboat Eka Jaya, yang beroperasi di pelabuhan Lembar. Himbauan kepolisian yang disampaikan antara lain adalah untuk selalu menjaga harkamtibmas, kebersihan, dan protokol kesehatan di sekitar pelabuhan.Selain itu, Subsatgas Polair juga melaksanakan kegiatan sosialisasi pemilu serentak 2024 kepada para pengguna jasa pelabuhan dan masyarakat setempat. Sosialisasi ini dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap isu, hate speech, berita bohong, atau hoax yang bisa memecah belah persatuan NKRI, serta untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang pemilu serentak tahun 2024.

Kasat Polairud Polres Lombok Barat, Iptu L. Nursidi, mengatakan bahwa kegiatan Subsatgas Polair ini merupakan bentuk pelayanan dan pengabdian Polres Lombok Barat kepada masyarakat, khususnya di wilayah perairan dan pesisir.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dalam beraktivitas di wilayah perairan dan pesisir, serta dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu serentak 2024,” ungkapnya.

Iptu L. Nursidi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalin kerjasama dan komunikasi dengan Polres Lombok Barat, khususnya Subsatgas Polair.

“Apabila menemukan atau mengetahui adanya hal-hal yang mencurigakan atau mengganggu kamtibmas,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *