Binkam

Sambangi Pasar Gerung dan Pelabuhan lembar, Polres Lombok Barat Imbau Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

×

Sambangi Pasar Gerung dan Pelabuhan lembar, Polres Lombok Barat Imbau Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

Share this article

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat, Polda NTB, melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas), melaksanakan sosialisasi Pemilu 2024 kepada masyarakat di Kabupaten Lombok Barat. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tahapan Pemilu 2024 dan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Sosialisasi Pemilu 2024 ini dilakukan dalam dua lokasi, yaitu Pasar Gerung dan Pelabuhan Lembar, pada hari Minggu, 12 November 2023. Sasaran sosialisasi ini adalah para juru parkir di Pasar Gerung dan para calon penumpang kapal di Pelabuhan Lembar.

Dalam sosialisasi tersebut, Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., selaku Kasubsatgas Binmas, Satgas Preemtif, mengatakan bahwa jajarannya menyampaikan beberapa hal penting terkait Pemilu 2024, antara lain:

  1. Tahapan Pemilu 2024, mulai dari pendaftaran partai politik, pendaftaran calon presiden dan wakil presiden, kampanye, pencoblosan, hingga penghitungan suara.
  2. Pentingnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024, terutama bagi ibu-ibu.
  3. Pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang dan selama Pemilu 2024.
  4. Menghindari fanatisme berlebihan terhadap salah satu pasangan calon (paslon) yang dapat menimbulkan disharmonisasi hubungan sosial.
  5. Tidak mudah percaya terhadap isu, hate speech, dan berita bohong/hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Jika menemukan informasi yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak yang berwajib.

“Kami berharap agar masyarakat dapat memahami tahapan Pemilu 2024 dan turut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang dan selama Pemilu 2024. Kami juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum tentu kebenarannya dan tidak mudah percaya terhadap berita bohong/hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar AKP Daniel Ibi Lona.

Selain memberikan sosialisasi tentang tahapan Pemilu 2024, Polres Lombok Barat juga memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat. Berikut ini adalah beberapa himbauan kamtibmas yang disampaikan oleh Polres Lombok Barat:

  • Jangan mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum tentu kebenarannya.
  • Jangan mudah percaya terhadap berita bohong/hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang dan selama Pemilu 2024.

Polres Lombok Barat mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang dan selama Pemilu 2024. Dengan demikian, Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *