Binkam

Polres Lombok Barat Patroli Siber Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pemilu 2024

×

Polres Lombok Barat Patroli Siber Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pemilu 2024

Share this article
Cegah Kejahatan Siber Jelang Pemilu 2024. Image by Freepik
Cegah Kejahatan Siber Jelang Pemilu 2024. Image by Freepik

Lombok barat, NTB – Polres Lombok BaratPolda NTB, melalui Satuan Tugas (Satgas) Gakkum, terus berupaya untuk menjaga kelancaran dan keamanan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dalam rangka mengantisipasi adanya ancaman siber yang dapat merusak proses demokrasi, Satgas Gakkum melakukan berbagai kegiatan pengamanan, salah satunya adalah patroli siber.

Patroli siber adalah kegiatan pemantauan dan penindakan terhadap isu-isu yang berkembang di media sosial dan media online yang terkait dengan Pemilu 2024.

Tujuan dari patroli siber adalah untuk mencegah dan menindak kejahatan siber yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024.

Seperti peretasan sistem elektronik, intersepsi ilegal, pengubahan tampilan situs web, gangguan sistem, dan manipulasi data.

“Kami melakukan patroli siber untuk memantau isu-isu yang berkembang terkait Pemilu 2024. Jika ada isu-isu yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, kami akan segera mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya,” kata Kasat Reskrim Polres Lombok Barat, AKP I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K., dalam keterangan persnya, Selasa (7/11/2023).

Selain patroli siber, Satgas Gakkum Polres Lombok Barat juga melakukan penyelidikan dan penyidikan. Terhadap tindak pidana yang terjadi sebagai akibat penyelenggaraan Pemilu 2024.

Menurut AKP I Made Dharma Yulia Putra, pihaknya akan menindak tegas pelaku tindak pidana yang mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami akan menindak tegas pelaku tindak pidana yang mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024. Kami tidak akan mentolerir adanya upaya-upaya yang bertujuan untuk merusak proses demokrasi di negara kita,” ujarnya.

AKP I Made Dharma Yulia Putra juga mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban Pemilu 2024.

Ia meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya, dan melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan adanya indikasi kejahatan siber.

“Kami mengharapkan kerjasama dan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban Pemilu 2024. Mari kita bersama-sama menjaga proses demokrasi di negara kita agar berjalan lancar dan aman,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *