Berita

Polres Lombok Barat Gelar Operasi Anti Kejahatan Siber Jelang Pemilu 2024

×

Polres Lombok Barat Gelar Operasi Anti Kejahatan Siber Jelang Pemilu 2024

Share this article
Polres Lombok Barat Siap Tindak Tegas Kejahatan Siber dan Tindak Pidana Lainnya di Masa Pemilu 2024
Kasat Reskrim, Polres Lombok Barat, AKP I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K.

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat, Polda NTB, siap mengambil tindakan tegas terhadap kejahatan siber dan tindak pidana lainnya yang terjadi di masa pemilu 2024. Hal ini disampaikan oleh Kasat Reskrim, Polres Lombok Barat, AKP I Made Dharma Yulia Putra S.T.K.,S.I.K., dalam kegiatan penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan pada Senin (23/10/2023).

Salah satunya kegiatan penyelidikan oleh Subsubsatgas Siber Satgas Gakkum, Operasi Mantap Brata Rinjani 2023 Polres Lombok Barat.

“Meliputi Patroli siber di media sosial dan media online guna melihat isu yang berkembang terkait pemilu. Kemudian Mengumpulkan data informasi serta mengolah guna mencegah dan penegakan hukum Cyber Crime pelaksanaan pemilu,” ungkapnya.

Profiling terhadap Pelaku Kejahatan Cyber

Selain itu juga melakukan Profiling terhadap pelaku/potensi pelaku peretas sistem IT dan kejahatan Cyber terkait pelaksanaan pemilu. Melakukan analisa sistem IT terkait pengamanan dan pelaksanaan pemilu guna menciptakan harkambtibmas yang kondusif.

“Dalam rangka tahap pendaftaran Capres dan Cawapres RI di wilayah hukum Polres Lombok Barat,” imbuhnya.

Subsatgas Siber Satgas Gakkum Operasi Mantap Brata Rinjani 2023 Polres Lombok Barat juga melakukan kegiatan penyidikan yang dilaksanakan.

“Salah satunya monitoring kejahatan (Computer Related Crime) yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu 2023-2024 dalam tahap pendaftaran Capres/Cawapres RI,” katanya.

Juga melakukan penindakan bila terjadi kejahatan siber (Computer Crime) seperti, peretasan sistem elektronik ( Hacking). Intersepsi ilegal, pengubahan tampilan situs web, gangguan sistem ( system interference), manipulasi data terkait pengamanan dan pelaksaan Pemilu

“Dalam pelaksanaan tugas bersinergi dengan Stakeholder lain, seperti BINDA, Dinas Kominfo, Apji dan lain –lain,” katanya.

Selain kegiatan penyelidikan dan penyidikan terkait kejahatan siber, Satgas Gakkum Operasi Mantap Brata Rinjani 2023 Polres Lombok Barat juga melaksanakan kegiatan penyelidikan dan penyidikan terkait tindak pidana lainnya di masa pemilu 2024.

“Meliputi melakukan penyelidikan terhadap terjadinya tindak pidana di luar tindak pidana Pemilu. Tindak pidana yang terjadi sebagai akibat penyelenggaraan Pemilu (tindak pidana yang terjadi saat dilaksanakan Pemilu dan tidak ada hubungannya dengan Pemilu),” ucapnya.

Komitmen Polres Lombok Barat Dalam Rangka Harkamtibmas

Sementara itu, Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaidi, S.H., S.I.K., M.A.P., menegaskan bahwa Polres Lombok Barat berkomitmen untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang dan selama pelaksanaan pemilu 2024.

“Kami akan menindak tegas segala bentuk kejahatan. Termasuk kejahatan siber dan tindak pidana lainnya yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu 2024,” tegas Kapolres Lombok Barat.

Itulah upaya Polres Lombok Barat, melalui kegiatan penyelidikan dan penyidikan yang dilaksanakan oleh Satgas Gakkum Operasi Mantap Brata Rinjani 2023.

Merupakan upaya untuk mencegah dan menindak tegas segala bentuk kejahatan yang dapat mengganggu pelaksanaan pemilu 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *