Binkam

Latihan Dalmas Polres Bima Kota, Meningkatkan Kemampuan Personil Menyambut Pemilu 2024

×

Latihan Dalmas Polres Bima Kota, Meningkatkan Kemampuan Personil Menyambut Pemilu 2024

Share this article

Kota Bima, NTB (11/10) – Satuan Samapta (Sat Samapta) Polres Bima Kota kembali meningkatkan kesiapsiagaan personelnya dengan melaksanakan Latihan Dalmas pada hari Rabu, pukul 08.40 Wita. Kegiatan ini dijalankan di bawah kendali langsung Kasat Samapta, AKP Sirajuddin, S.H.

Latihan Dalmas (Dalmasa) merupakan salah satu bentuk kegiatan rutin yang dilakukan oleh Sat Samapta Polres Bima Kota untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personelnya. Khususnya, latihan ini difokuskan untuk mempersiapkan personel menghadapi Pemilu tahun 2024.

Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, S.I.K, menegaskan pentingnya pelaksanaan latihan ini dalam rangka menjaga stabilitas keamanan menjelang dan selama proses Pemilu. “Latihan Dalmas adalah bagian dari persiapan menyeluruh untuk menghadapi setiap potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi dalam konteks Pemilu. Kami ingin memastikan bahwa personel kami memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menangani situasi yang mungkin muncul,” kata Kapolres.

Dalam latihan ini, personel Sat Samapta dilibatkan dalam simulasi skenario keamanan yang mencakup pengendalian kerumunan, penanganan massa, dan taktik-taktik lainnya yang relevan dengan situasi Pemilu. Para peserta latihan juga diberikan pemahaman mendalam tentang tata cara berkomunikasi yang efektif dan penanganan situasi kritis.

AKP Sirajuddin, S.H., selaku Kasat Samapta, menyatakan bahwa latihan ini adalah bagian dari komitmen Sat Samapta dalam memberikan kontribusi maksimal terhadap kelancaran dan keamanan proses demokrasi. “Kami berharap, melalui latihan ini, personel Sat Samapta semakin siap dan mampu bertindak secara profesional untuk memastikan terlaksananya Pemilu dengan aman dan damai,” ungkapnya.

Latihan Dalmas ini diharapkan dapat menciptakan personel yang siap dan tanggap dalam menghadapi dinamika keamanan yang mungkin terjadi selama periode Pemilu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *