BeritaBinkam

MotoGP Mandalika: Polisi Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

×

MotoGP Mandalika: Polisi Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

Share this article
Polres Lombok Barat Siapkan Rekayasa Lalu Lintas MotoGP Mandalika 2023

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas di wilayah hukumnya untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan kemacetan selama gelaran MotoGP Mandalika 2023 yang akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat, AKP Agus Rachman, SH, mengatakan, terdapat 6 penggal pengamanan jalur yang akan difokuskan, yaitu:

  • Pelabuhan
  • Pintu Pelabuhan hingga monumen tank dodokan Gerung
  • Sepanjang Jalur Bypass BIL II
  • Simpang 5 Koperasi gerung hingga sepanjang jalan imam bonjol gerung
  • Bundaran Girimenang Square (GMS) Gerung
  • Sepanjang jalur Bypass BIL I
  • Sepanjang Jalan Raya di Batulayar

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di pelabuhan, Polres Lombok Barat akan menerapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan arus kendaraan (bersifat situasional). Kendaraan yang akan menuju Padang Bai, Pelabuhan Perak, maupun menuju Banyuwangi semua dimasukan ke Kantong-kantong parker (buffer zone) yang sudah disiapkan.

Antisipasi Bubaran Penonton MotoGP

Untuk mengantisipasi bubaran penonton dari Sirkuit Mandalika, sistem buka-tutup diberlakukan dengan memberikan prioritas kepada masyarakat/penonton MotoGP yang akan kembali atau keluar melalui Lembar.

Rute perjalanan dan rekayasa arus lalin akan diberlakukan pada hari Minggu, 15 Oktober 2023, mulai pukul 17.00 WITA hingga pukul 00.00 WITA, bersifat situasional.

Berikut adalah rincian rekayasa lalu lintas untuk kepulangan:

  • Kendaraan dari arah Mataram dan dari BIL 2 yang menuju Lembar akan diputar di Uturn SMPN 4 Gerung/Uturn Ujung Landasan.
  • Kendaraan dari arah Lembar menuju Mataram dialihkan melalui BIL 2.
  • Kendaraan dari arah BIL 1 yang menuju Lembar akan diarahkan melalui Jalan Jenderal Sudirman Dsn Geres Gerung dan jalan Gatot Subroto, menuju ke Jalan Imam Bonjol Gerung.

AKP Agus mengimbau kepada masyarakat/penonton MotoGP yang akan kembali atau keluar melalui Lembar agar mempertimbangkan waktu perjalanan dan menghindari jam-jam sibuk.

“Diharapkan kepada masyarakat yg akn menonton perhelatan MotoGP agar menggunakan sepeda motor roda dua, untuk mengurangi kepadatan arus lalulintas,” himbaunya.

Selain itu, untuk Jln Yos Sudasro, mulai dari tugu tank sampai simpang 3 serumbung diberlakukan one way system, atau sistem satu arah. Sedangkan lajur kanan atau lajur kiri akan disiapkan escape atau jalur prioritas yang dibutuhkan.

“Jika terjadi kepadatan arus lalin (sifatnya situasional),” katanya.

“Jika one way diberlakukan, dari arah Pelabuhan lembar hingga Simpang 3 Serumbung, maupun sebaliknya tetap normal atau diberlakukan kontra flow. Nantinya kendaraan dari arah pelabuhan lembar ke arah timur akan dibelokan ke kiri di simpang 3 serumbung,” ujarnya.

Harapannya, gelaran MotoGP Mandalika 2023 dapat berjalan lancar dan sukses, serta menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *